Cara Cek Virus Dan Malware di Aplikasi Android Untuk Menjaga Keamanan

Cara Cek Virus Dan Malware di Aplikasi Android Untuk Menjaga Keamanan

Bagaimana cara mengetahui aplikasi android berbahaya atau tidak? Aplikasi android mengandung virus atau tidak? Kali ini aplikasisme akan memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Temuan Virus dan Malware

Keberadaan vir
us yang sangat merugikan pengguna smartphone perlu mendapatkan perhatian khusus. Jika kita mengunduh aplikasi di google playstore mungkin sedikit lebih aman, namun jangan tenang dulu  ternyata pada pertengahan tahun 2016 lalu para pakar keamanan telah menemukan fakta yang mengejutkan terkait ditemukannya 190 aplikasi yang terinfeksi virus dan 60 aplikasi google play yang terindikasi mengandung malware.

Pertengahan tahun 2017 kemarin juga ditemukan lebih dari 800 aplikasi gratis yang tejangkit malware xavier. Kabar mengejutkan juga berhembus di bulan mei kemarin dimana terdapat laporan yang di beritakan di berbagai media online bahwa lebih dari 36juta perangkat android terkena malware judy

Dari sekian banyak kejadian yang diutarakan diatas tidak ada salahnya kita waspada dan berhati-hati dalam memasang aplikasi yang kita unduh di internet. Jika dari toko aplikasi resmi sekelas google playstore saja masih banyak malware dan virus bagaimana jika kita mendapatkan aplikasinya dari tempat yang tidak resmi? tentunya kemanan pasti akan lebih beresiko untuk terjangkit virus ataupun malware.

Cara cek kemanan aplikasi android

Cek keamanan aplikasi android sebelum diinstal menggunakan NVISO Apk Scan

Sebelum menginstal aplikasi android ada baiknya di cek terkait ada atau tidaknya virus dan malware dalam aplikasi tersebut sehingga tidak membahayakan smartphone dan data anda.
cara cek virus dan malware pada file apk android sebelum dan sesudah diinstal

  • Unduh aplikasi yang ingin diinstal menggunakan komputer
  • Setelah berhasil mengunduh aplikasi yang diinginkan buka situs Nviso apk scan
  • Ungggah aplikasi yang ingin di cek dengan cara klik Browse
  • Setelah berhasil mengupload file apk yang anda inginkan kemudian beri tanda ceklist pada opsi E-mail me the results when scan has finished jika menginginkan hasil pengujian lewat email. dan masukkan email yang ingin kamu gunakan untuk menerima hasil scan.
  • Klik tombol Scan package
  • Tunggu beberapa saat hingga keluar hasilnya
Dengan menggunakan Nviso apk scan kita tidak dibatasi ukuran file sehigga sangat cocok untuk digunakan mengecek file file apk berukuran besar.

Cek virus dan malware menggunakan VirusTotal

Cara cek apk sebelum diinstal menggunakan virustotal

  • Unduh aplikasi yang anda inginkan
  • Buka situs virus total
  • Tekan tombol Upload and scan file untuk mengupload dan melakukan scan terhadap file apk yang ingin di cek.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul hasil ceknya

cara cek virus dan malware dalam aplikasi android sebelum diinstal dan sesudah diinstal


Cek virus di aplikasi android yang sudah diinstal menggunakan aplikasi Virus Total

Untuk mengecek aplikasi android yang telah diinstal di smartphone android kamu tidak bisa menggunakan cara diatas memakai fasilitas web dari virus total akan tetapi dibutuhkan aplikasi virus total yang dapat diunduh secara gratis di google playstore.
Cara cek virus dan malware di smartphone android sebelum dan sesudah diinstal

Setelah kamu download dan instal aplikasi virus total di smartphone. Anda dapat melihat aplikasi mana yang terkena virus dan mana yang tidak. Jika adaaplikasi yang ditandai berwarna merah maka sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut karena telah terjangkit virus.

Itulah cara untuk mengetahui aman atau tidaknya file apk atau aplikasi android yang sudah terpasang. sekarang kamu bisa tahu jenis dan macam macam virus serta malware dengan menggunakan cara diatas.

Silahkan bagikan ke kerabat anda agar lebih berhati-hati dan terhindar dari virus serta malware.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar