Apa Itu Visual Positioning System(VPS) dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Visual Positioning System(VPS) dan Apa Fungsinya?

Visual positioning system adalah sebuah teknologi baru yang digadang gadang akan menyempurnakan teknologi sebelumnya yaitu GPS(global positioning system). Teknologi ini mulai dikenalkan oleh google pada awal tahun 2018.
Apa itu VPS?

Apa itu VPS?

Visual positioning system adalah system penentuan letak secara visual dengan bantuan kamera ponsel yang digabungkan dengan data google guna menganalisis lingkungan sekitar dengan tujuan mengidentifikasi lokasi real dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Dalam demo pengenalan produk barunya yang sedang dikembangkan tersebut pihak google telah merilis sebuah video yang menjelaskan bagaimana fungsi dan penggunaan VPS untuk menentukan lokasi.

Jika pada teknologi sebelumnya yang bernama GPS, untuk menentukan lokasi atau letak posisi di suatu tempat menggunakan bantuan satelit maka berbeda dengan Visual positioning system. Untuk menentukan lokasi atau tempat di butuhkan sebuah perangkat kamera ponsel untuk mengenali daerah atau lokasi dengan dukungan data back-end google guna menganalisis lokasi sebenarnya dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.

VPS yang dikembangkan oleh google ini akan dikombinasikan dengan Google maps dan street view. Meski google belum mengumumkan kapan fitur ini akan ditambahkan ke maps google nampaknya teknologi ini akan sangat membantu semua orang untuk bernavigasi tanpa takut tersesat.

Bagaimana Penggunaan VPS?

Dalam demonya yang dilakukan beberapa saat lalu penggunaan VPS cukup mudah yakni dengan mengaktifkan tampilan visual kemudian pengguna mengarahkan kamera ponsel ke arah dimana kamu ingin pergi. Dalam tampilannya terdapat sebuah map kecil dibawah dan akan dilengkapi tanda panah sebagai arah kemana pengguna ingin pergi.

Disamping itu akan didapatkan berbagai informasi terkait bisnis-bisnis terdekat seperti cafe, toko,dan berbagai tempat yang telah ditandai sebelumnya dalam map google.
apa itu visual positioning system?


Fungsi VPS?

Dengan adanya penunjuk lokasi tersebut akan menguatkan posisi sebenarnya dan juga arah panah akan membimbing kemana arah yang harus tuju.

Bahkan dalam demo yang dilakukan oleh pihak google mereka menambahkan karakter rubah sebagai penunjuk arah. Karakter rubah tersebut akan menjadi panduan tur augmented reality. Seperti bermain pokemon go rupanya akan tetapi sang rubah hanya menjadi tokoh penunjuk arah saja dan ini hanya sebagai sarana bersenang-senang saja kata Chennapragada dalam presentasinya tersebut.
Apa Itu Visual Positioning System(VPS) dan Apa Fungsinya?


Nah itulah sedikit Informasi mengenai apa itu Visual positioning system yang sedang dikembangkan google semoga fitur tersebut segera diresmikan dan diluncurkan sehingga kita bisa menikmatinya untuk penunjuk arah.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar