Pengertian Ram dan Fungsinya dibahas Secara Lengkap

Pengertian Ram dan Fungsinya dibahas Secara Lengkap

Sebagian besar pengguna smartphone, komputer atau perangkat-perangkat teknologi lainnya sudah tidak asing dengan istilah RAM. Meski sering mendengar istilah tersebut namun ternyata masih banyak yang belum paham apa itu RAM? apakah fungsi RAM?

Pengertian ram dan fungi ram serta bagaimana cara kerja ram


Orang awam sekalipun sekarang telah mempertimbangkan besaran RAM saat ingin membeli gadget barunya. Saat smartphone lemot atau ngelag saat menjalankan Game biasanya juga menyimpulkan karena ukuran RAM yang kecil.

Pengertian RAM

RAM adalah kependekan dari Random Access Memory. RAM sangat berpengaruh terhadap kemampuan menjalankan aplikasi dalam perangkat tersebut. Semakin tinggi besaran ram maka semakin bagus kemampuan untuk menjalankan aplikasi aplikasi dengan ukuran yang besar, serta kemampuan multitasking akan semakin baik tanpa perlu menghentikan aplikasi lain yang sedang dijalankan.

RAM adalah memori utama perangkat, komponen yang dapat mengakses memori dengan cepat dan acak. Data yang tersimpan dalam komponen ini bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya setelah perangkat ataugadget tersebut dimatikan.

Keunggulan yang dimiliki ram dalam mengakses data yaitu dapat mengakses data secara acak sehingga dengan adanya komponen ini perangkat akan lebih cepat dalam menampilkan data aplikasi dalam perangkat.

RAM merupakan komponen penting yang berfungsi untuk membantu processor dalam mengeksekusi dan menyimpan data dari sebuah aplikasi agar dapat berjalan lebih cepat dan ringan. ketika menjalankan sebuah aplikasi atau lebih maka data akan disimpan dan terproses sebagian di dalam ram.

Jika kapasitas ram longgar maka untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus close atau keluar dari aplikasi yang sedang berjalan. Aplikasi sebelumnya bisa berjalan di belakang layar tanpa harus dihentikan terlebih dahulu.

Akan lain ceritnya jika kapasitas RAM dalam suatu perangkat sangat minim maka kemampuan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya akan terasa berat atau kemampuan multitaskingya sangat kurang. untuk menjalankan aplikasi dengan size yang besar bahkan harus menghentikan aplikasi lain yang sedang berjalan. jika tidak melakukan hal itu maka biasanya akan terjadi Lag, force close, hang, bahkan perangkat akan restart dengan sendirinya.

Kapasitas ram yang kecil akan menghambat kinerja procesor dan akan membuat suhu processor naik akibatnya konsumsi daya akan semakin besar dan batterai di perangkat akan terasa boros dan cepat habis.

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan semakin ketatnya pengembang apikasi yang terus berinovasi menyempurnakan aplikasi yang di buatnya yang biasanya sering ditambahkannya fitur dan kesempurnaan grafis maka semakin besar pula size aplikasi serta alokasi ram yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut. para produsen saat ini juga telah menambahkan besaran ram yang sangat bervariasi atau untuk menjawab kebutuhan para pemakai biasanya proodusen juga memberikan kemampuan upgrade pada Ram di perangkatnya.

Fungsi RAM

Komponen ini sangat penting yang memiliki dua fungsi utama yakni sebagai media penyimpanan sementara dan membaca data dengan cepat.

1. Sebagai media penyimpanan sementara 

Ram akan menyimpan data dari setiap aplikasi yang di jalankan dan akan secara otomatis hilang saat perangkat dimatikan. Setiap aplikasi yang dijalankan memiliki data yang harus di simpan dibaca dengan cepat disinilah tempat data disimpan untuk bisa dibaca guna memperlancar kinerja procesor.

pengertian ram dan fungsi serta cara kerjanya


Besaran data dari aplikasi juga pasti berbeda sehingga diperlukan ruang yang cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

2. Pembaca data

Data yang tersimpan dalam ram akan sangat cepat dibaca dibandingkan data yang tersimpan di media penyimpanan lain seperti hardisk kartu memori hingga ssd sekalipun.  Hal ini disebabkan karena data yang tersimpan dalam Ram bersifat sementara dan akan terhapus otomatis sehingga data yang ada didalamnya pun tidak sebanyak data yang tersimpan di hardisk , ssd atau kartu memori seperti micro sd.

Didalam Ram tidak terjadi fragmentasi seperti halnya pada hardisk sehingga waktu untuk menemukan data yang dimaksud oleh processor akan semakin singkat. Dengan kehadiran komponen ini data yang telah dibuka saat pertama kali aplikasi atau program dijalankan maka data akan dibaca dan disimpan didalam ram sementara sehingga akan memperlancar proses dan pemanggilan data kembali.

Dengan fungsi inilah maka proses multitasking atau menjalankan beberapa program bisa berjalan dengan normal. untuk berpindah aplikasi dari aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lainnya kita tidak perlu menghentikan program atau aplikasi yang sebelumnya.

Keuntungan Perangkat dengan kapasitas RAM besar

Setiap perangkat didesign dengan tujuan tertentu. biasanya produsen akan menargetkan produk designnya kepada konsumen sesuai dengan hobby dan kebutuhan konsumen. Misalnya perangkat khusus yang ditujukan bag para gamers, designer, arsitek hingga peneliti. Spek yang tertanam dimasing masing produk pastilah berbeda. begitu pula dengan besaran ram yang dibenamkan dalam produk tersebut biasanya juga akan mengikuti kebutuhan konsumen.

Dengan makin besarnya ram yang disematkan didalam perangkat maka secara otomatis proses multitasking akan semakin lancar dan kemampuan menjalankan apikasi dengan ukuran besar dan memakan banyak memori akan dengan mudah dijalankan tanpa harus memakan banyak waktu, bahkan akan terhindar dari lag atau lemot bahkan hank.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar