Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp yang Hilang

Pernahkah kamu mengalami kejadian kontak yang ada di HP kamu tidak terbaca di whatsapp? Tidak munculnya kontak yang telah di simpan di di kontak biasanya terjadi karena update aplikasi ke versi terbaru, melepas kartu memori, dan tak jarang pula terjadi karena melakukan factory reset.

Saat ini untuk update aplikasi WA terbaru sudah tidak menyediakan menu kontak seperti versi sebelumnya. Sehingga untuk mengatasi masalah ini perlu alternatif lain agar nama kontak bisa muncul seperti halnya kontak yang tersedia di hp.

Jika pada versi terdahulu kita bisa mengetahui kontak yang ada di hp terbaca atau tidaknya melalui menu kontak di whatsapp kini kita tidak bisa lagi melakukannya di versi terbaru yang diupdate oleh pihak pengembang.

Dalam versi terbarunya whatsapp hanya menyematkan menu bar chats, status dan calls. Berbeda dengan versi versi sebelumnya yakni  terdapat menu calls, chatting, dan contact.

Untuk mengetahuinya kontak terbaca atau tidak kita hanya bisa melihat dari chat teman kita yang telah disimpan di kontak hp. Jika pada whatsapp chat tersebut hanya muncul nomor kontak saja padahal sebelumnya sudah disimpan di kontak hp dan tidak muncul nama di chat wa maka artinya kamu harus melakukan setting ulang agar kontak bisa tampil dan terbaca oleh aplikasi whatsapp.

Cara menampilkan nama kontak yang hilang atau tidak muncul di whatsapp


1. Ijinkan aplikasi whatsapp untuk mengakses contact yang tersimpan di hp.

Caranya yaitu :
Masuk ke menu Settings - Apps- All - lalu cari aplikasi WhatsApp

Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp yang Hilang 
Pada App info  scrool kebawah untuk melakukan setting permissions. Setelah ketemu lalu pilih Manage permissions. Kemudian ijinkan aplikasi whatsapp untuk mengakses kontak pada hp dengan cara memberikan ceklist pada opsi access your contact list yaitu dengan memilih allow untuk akses contact.
 Cara menampilkan nama kontak whatsapp yang tidak muncul 

Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp yang Hilang agar tampilannya keluar nama bukan nomor saja 

2. Lakukan sinkronisasi akun whatsapp pada perangkat.

Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings - Accounts - Whatsapp - touch to sync now





Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp yang Hilang

Sampai dengan langkah ini biasanya nama kontak akan muncul dan kembali normal bisa mengakses semua kontak yang tersimpan di kontak list hp. Jika dengan dua langkah diatas belum bisa mengatasi kamu bisa melakukan langkah cadangan berikut

3. Lakukan clear data aplikasi whatsapp

Hal ini dilakukan untuk mengembalikan aplikasi ke keadaan seperti awal instal. Berbagai data cache yang tidak penting akan dibersihkan sehingga akan lebih fres dan aplikasi akan lebih ringan.
Cara melakukan clear data cukup mudah yakni dengan memilih menu Settings - Apps  lalu cari whatsapp dan tekan tombol Clear data.

Kesimpulan

Cara diatas sudah diuji coba dan terbukti berhasil di perangkat xiomi redmi 1s. Untuk perangkat lain bisa saja berbeda langkah dan caranya. Semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menampilkan Nama Kontak di WhatsApp yang Hilang"

Posting Komentar