Tips Cara Mengatasi Kamera Eror, Tidak Dapat Terhubung

Cara mengatasi masalah tidak dapat terhubung ke kamera, cannot connect to camera atau kamera tidak terdeteksi. Kamera merupakan salah satu kebutuhan pokok  pada perangkat android. Terlebih dengan tren selfie yang sedang booming dan eksis di media sosial. Keberadaan kamera pastilah sangat dibutuhkan.

Cara mengatasi masalah cannot connect to camera


Bisa dibayangkan jika di salah satu momen yang hampir tidak mungkin terulang kembali dan kamu berniat untuk mengabadikannya dengan cara merekam atau memfotonya ternyata saat kamu membuka aplikasi camera ternyata eror. Yang muncul hanya tulisan eror, kamera tidak terhubung. lalu dalam sekejap aplikasi kamera keluar sendiri karena tidak dapat mendeteksi adanya kamera di perangkat android.

Pastilah kamu akan sangat kecewa karena melewatkan kejadian luar biasa dan tak dapat mengabadikannya dalam bentuk foto ataupun video.

Bisa dibayangkan jika saat kamu liburan ke tempat yang jauh dan dengan biaya yang mahal bermaksud untuk mengabadikan momen indah di saat liburan ternyata tidak bisa karena kamera yang ada di android kamu eror dan tidak dapat terhubung. Bukan suatu masalah jika kamu membawa camera pocket, camera dslr, kamera mirorless atau camera digital sebagai cadangan. Namun apa jadinya jika ternyata kamu tidak membawa salah satu dari itu.

Sebenarnya penulis sendiri yang mengalami ini, namun untungnya dengan satu langkah saja kamera sudah bisa bekerja normal seperti sebelumnya. Meski harus rela mengorbankan momen bahagia liburan tanpa foto-foto.

Kasus yang saya alami adalah hp asus. Meski begitu tak sedikit ternyata yang mengalami kejadian serupa terkait permasalahan kamera tidak terhubung. Mulai dari hp samsung, oppo, xiomi, sony dan masih banyak lagi. Kita dapat menjumpainya di media sosial.

Untuk mengatasi permasalahan ini pun terbilang gampang gampang susah. tidak menjamin dengan cara yang sama dapat diterapkan pada hp android yang berbeda pabrikan. meski dengan kasus yang sama hal ni tidak menjamin akan berhasil.

Oleh karena itu dari sekian banyak solusi untuk mengatasi camera error tidak dapat terhubung, telah kami rangkum agar kamu dapat mencobanya satu persatu hingga kamera yang ada di android kamu kembali normal seperti sedia kala. Sehingga tidak akan mengganggu hobby selfie kamu dan narsis di media sosial instagram atau facebook.

Cara Mengatasi Kamera error, tidak dapat terhubung

Clear cache

Hapus cookie atau cache. Kamu bisa mencobanya dengan menghapus cache aplikasi camera. caranya yaitu dengan masuk ke menu setting lalu klik aplication manager kemudian pilih Camera dan cari tombol clear cache. Jika belum berhasil Lakukan juga hapus data pada aplikasi kamera. Letaknya tepatdiatas tombol clear cache aplikasi camera.

Kamu juga bisa mencoba melakukan clear cache semua aplikasi yang bertujuan untuk membuang file singgahan dan dianggap sangat menggangu serta menhambat kinerja perangkat android. sehingga ruang penyimpanan akan lebih lega dan kecepatan proses sistem akan bertambah. Caranya yaitu masuk ke menu Setting lalu pilih Storage dan klik Cached Data kemudian klik OK. Dengan cara ini semua cache yang ada di aplikasi dalam android akan dibuang.

Coba gunakan aplikasi kamera pihak ketiga

Cobalah aplikasi kamera sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa mendapatkannya di play store secara gratis dan cuma cuma.  Adapun aplikasi kamera terbaik yang dapat kamu coba diantaranya yaitu camera mx, Cymera, Camera Fv-5, Open Camera, Candy camera, Camera Zom Fx, ZCamera, A Better Camera, Camera 360, Camera B612, Footej Camera, Kuji Cam, Pip Camera, Fisheye Lens live, Tilt Shift Camera.

Restart android 

Restart android kamu jika perlu matikan beberapa saat dan cabut baterai, kartu memori, dan kartu selular kamu. Biarkan selama lebih kurang 5 menit kemudian pasang dan hidupkan kembali. Jika belum berhasil cobalah cara berikutnya.

Scan dengan anti virus 

Lakukan scan menggunakan antivirus android yang dapat kamu temukan di playstore. Pilih antivirus yang recomended seperti avast mobile security and antivirus, Avira Antivirus security, McAfee Mobile Security,  Bitdefender Mobile security & antivirus, CM Security Master, 360 Security-junk cleaner, Kaspersky mobile antivirus, Eset Mobie security and antivirus, Norton security and anti virus. Pilih salah satu aplikasi antivirus tersebut dan lakukan scanning agar virus yang menginveksi kamera terdeteksi dan diamankan oleh aplikasi tersebut.

Lakukan Factory reset

Jika cara diatas belum bisa memulihkan kamera android kamu  Cobalah untuk melakukan reset pabrik. Sebelum melakukan factory reset sebaiknya lakukan backup file file penting terlebih dahulu. Cara untuk melakukan factory reset berbeda beda untuk jenis dan merek hp android.

Perlu diingat semua aplikasi yang telah diinstal pada perangkat kamu akan hilang dan akan kembali seperti waktu pertama kali kamu beli yaitu hanya ada aplikasi bawaan pabrik saja.

Flash Ulang

Kamu bisa memilih firmware yang terbaru dan sesuai dengan perangkat kamu. Flash ulang atau dalam istilah komputernya instal ulang adalah salah satu cara untuk mengembalikan fungsi kamera di android kamu. Pastikan kamu telah membackup semua file penting yang ada di hp.

Bongkar hp android dan cek koneksi kabel 

Untuk Cara yang terakhir ini sangat tidak dianjurkan dilakukan oleh orang yang awam terhadap hardware perangkat android. Sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dan mengerti tentang perangkat keras android. Jangan sembarangan melakukannya.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan fungsi kamera atau mengatasi tidak terhubung ke kamera. Semoga dengan cara cara diatas yang saya sajikan android kamu dapat bekerja secara normal dan dapat digunakan seperti sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Kamera Eror, Tidak Dapat Terhubung"

Posting Komentar