Cara Menulis Arab Dengan Harakat Di Android Menggunakan Arabic Google Keyboard

Cara Menulis Arab Dengan Harakat Di Android Menggunakan Arabic Google Keyboard

Menulis atau mengetik huruf arab di android bukanlah perkara yang susah namun untuk orang awam yang jarang menggunakan huruf hijaiyah pasti akan kebingungan karena tampilan keyboard secara default akan menampilkan huruf latin (a,b,c). Berikut aplikasisme akan jelaskan bagaimana setting agar android kamu bisa menampilkan huruf hijaiyah sebagai pembentukan kata dalam bahasa arab.
Cara mengetik arab dengan dilengkapi harakat

Cara mengetik arab full dengan harakat

Untuk mengetik bahasa arab di android, diperlukan aplikasi keyboard yang support bahasa arab. Untuk kali ini aplikasisme menyarankan menggunakan google keyboard. Umumnya smartphone android keluaran terbaru sudah dibekali google keyboard jadi tidak perlu instal lagi.

Namun jika di perangkat kamu belum terinstal google keyboard kamu bisa mencari dan menginstalnya di goole playstore.

Setting Google keyboard

  • Jalankan keyboard bisa dengan cara menulis pesan atau membuat catatan.
    cara menulis arab di android
    Setelah tampil keyboard tekan spasi dan tahan maka akan muncul Choose input method. 
    cara menulis arab full harakat di android
  • Jika belum ada arabic klik Setup input methods lalu klik Google keyboard pada setingan language & input method untuk melakukan setting
    cara mengetik arab di android full harakat
  • Klik languages
  • Non aktifkan opsi Use system language dengan cara menggeser tombol ke kiri
    cara menulis arab dengan android
  • Pada kolom active input methodes aktifkan Arabic dengan cara geser ke kanan tombol switch.
  • Kemudian keluar dan kembalilah jalankan keyboard. Untuk menampilkan keyboard huruf hijaiyah atau huruf arab bisa dengan menekan icon globe atau dengan menekan tombol spasi dan tahan beberapa saat. lalu pilih Arabic google keyboard.
    Cara setting keyboard tulisan arab

 Cara memberikan harakat 

Untuk memberikan harakat pada huruf atau kata yang telah diketik dapat dilakukan dengan cara menekan tombol titik (.) dan tahan beberapa saat. Maka akan muncul pilihan harakat yang diinginkan.

Cara menulis huruf hijaiyah full harakat

Pemberian harakat dilakukan setelah mengetikan huruf atau lebih tepatnya kursor berada didepan huruf yang ingin diberikan harakat.

Bisa juga dilakukan setelah selesai menulis kalimat atau keseluruhan teks. Dengan cara yang sama meletakan kursor didepan huruf yang ingin diberi harakat.

Nah setelah kamu selesai mengikuti langkah langkah diatas sekarang kamu bisa menulis arab kapanpun kamu mau. Kamu bisa mengirim pesan lewat whatsapp, telegram, facebook dan media sosial lainnya dengan tulisan arab yang lengkap dengan harakatnya.

Semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar