Kiat Merawat Baterai Smartphone

Kiat Merawat Baterai Smartphone

kiat merawat baterai smartphone, cara merawat baterai hp, cara agar baterai awet, cara agar hp tidak cepat lowbaet
APLIKASISME.COM - Kiat merawat baterai smartphone. Baterai adalah sebuah komponen yang paling penting dalam sebuah smartphone atau hp. baterai berfungsi untuk menyimpan daya yang digunakan untuk menjalankan semua operasi dari sistem dan aplikasi yang ada  di dalam smartphone tersebut. harga baterai yang original dari semua produsen smartphone hampir tak ada yang murah. rata rata baterai yang asli diproduksi oleh pembuat smartphone harganya cukup mencekik. meski fakta ini tak berlaku bagi orang yang berkecukupan namun dari sekian banyak orang yang mengalami kerusakan baterai harus berfikir dua kali untuk mengganti baterai original smartphonenya. selain alasan harga, ada pula yang ingin menjaga image pribadinya di depan orang lain dengan cara memiliki semua spare part yang orisinil.

Meski sekarang kapasitas daya baterai smartphone tidak sedikit seperti pada awal kemunculan hp, akan tetapi ini tak menjamin awetnya baterai sebuah smartphone. jam terbang pemakaian yang tinggi dan banyaknya aplikasi yang terinstal akan semakin memperberat sistem sehingga akan semakin berat pula daya yang dibutuhkan untuk menjalankan  sistem itu.

Sebagai part terpenting dalam smartphone, baterai juga membutuhkan sebuah perawatan agar umur dari bateri smartphone bisa lebih panjang. Bukan hal yang lucu jika kita sedang memakai hp pada saat-saat penting lalu tiba tiba baterai lobet (lowbat). Tentunya tak ada yang menginginkan ini terjadi untuk itu agar kejadian ini tidak terjadi pada diri anda sebaiknya rawatlah baterai smartphone anda agar tidak cepat rusak.
 


Ada beberapa kiat ampuh merawat baterai yang dapat mempengaruhi umur baterai smartphone, yaitu:


1. kurangi kecerahan layar

Untuk mengurangi pemakaian daya yang tak maksimal usahakan brightness atau kecerahan layar handphone selalu di level terendah, jangan menaikan kecerahan jika tidak terpaksa. kecerahan layar akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan baterai. semakin tinggi tingkat kecerahan akan semakin banyak juga daya yang dibutuhkan.

2. matikan semua plikasi yang sudah tidak digunakan

Selain karena faktor kecerahan aplikasi yang berjalan dibelakang layar juga dapat menyedot banyak daya hp, semakin banyak aplikasi yang anda jalankan, maka proses akan semakin berat dan akan terus mengurasdaya baterai.

3. hindari suhu tinggi

Meski berbagai sumber mengatakan bahwa suhu dingin dapat mempengaruhi daya baterai, namun menurut saya suhu panas akan lebih berpengaruh terhadap baterai. agar hemat energy maka disarankan untuk menggunakan hp hanya pada suhu suhu normal saja atau suhu ruangan.

4. putuskan semua koneksi

Memutuskan semua koneksi seperti wifi, bluetooth dan data akan sangat berpengaruh terhadap keawetan daya  baterai.

5. beralihlah ke mode penerbangan jika diperlukan

Jangan memaksakan untuk terus memakai mode normal disaat anda berada di tempat yang susah sinyalnya. gunakan mode pesawat atau mode penerbangan untuk menghentikan sistem yang selalu mencari sinyal. hal ini dapat berdampak pada daya di dalam baterai.

6. Pahami cara carge hp yang benar

Cara yang benar untuk melakukan carging yaitu sebelum hp benar-benar mati karena kehilangan daya baterai. dalam hal ini disarankan sebelum daya menunjukan persentase sebesar 10% usahakan untuk melakukan carge hp. karena jika hp sampai mati ini akan berakibat buruk bagi penyimpanan daya dalam baterai itu. pergunakan adaptor atau carger bawaan pabrik dari handphone tersebut. selain karena kualitasnya yang sudah diuji sebelum pemasaran ini juga berfungsi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kelebihan daya di baterai sehingga akan berpotensi meledak.

Usahakan dalam melakukan carge smartphone anda jangan sampai baterai sampai kelebihan daya ini akan mengakibatkan baterai smarthone menjadi bergelembung. Cabutlah daya dari carger sebelum persentase mencapai 100%. Disarankan cukup sampai 90% saja agar kemampuan menyimpan daya baterai tak melemah.

Itulah kiat khusus untuk merawat baterai smartphone.

Semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar