Cara Daftar Mudik Gratis Dishub 2017

Cara Daftar Mudik Gratis Dishub 2017

APLIKASISME.COM - Pada tahun 2017 ini  dinas perhubungan kembali mengadakan program mudik gratis. Salah satu kegiatan rutin tahunan para perantau yaitu melakukan aktifitas mudik ke kampung halaman. Kegiatan tahunan ini biasa dilakukan menjelang hari raya idul fitri.  Kegiatan tahunan ini adalah program pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan. Fenomena mudik yang dilakukan para perantau untuk pulang kampung secara bersamaan ini menimbulkan berbagai PR bagi pemerintah sehingga dengan adanya program ini pemerintah berharap dapat mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan yang sebagian besar melibatkan para pengguna sepeda motor.

Perjalanan mudik menggunakan sepeda motor sebenarnya tidak dianjurkan oleh pemerintah karena lebih rawan kecelakaan akan tetapi pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan mudik menggunakan moda transportasi umum yang lebih aman.

Mudik gratis yang diadakan oleh dinas perhubungan ini di sediakan khusus bagi pengguna sepeda motor yang memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku. Adapun syarat yang lain yaitu KTP dan STNK asli. jika anda ingin mengikuti program mudik gratis dari dinas perhubungan ini maka anda dapat langsung membuka web resmi dishub.

Berikut cara mendaftar mudik gratis sepeda motor 2017 di situs dishub. Pertama buka website resmi dishub khusus mudik gratis. 

cara daftar mudik gratis 2017, mudik gratis, mudik gratis 2017, mudik gratis dishub, mudik kai
Pendaftaran


Pilihlah moda transportasi Kereta api, kemudian isikan jumlah penumpang, stasiun asal keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, tanggal kembali dan isikan kode verifikasiyang tampak disebelah kiri. Langkah selanjutnya klik cari perjalanan.

Jika masih tersedia di tanggal yang anda masukkan maka anda akan diminta untuk mengisi data pendaftar seperti nama,nik KTP, nomor plat kendaraan, tanggal lahir, nomor sim, masa berlaku sim, jenis kelamin, nomor ponsel dan email yang valid serta nomor KK. isikan semua data yang diminta dan klik simpan.

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan data penumpang lain yang ingin anda daftarkan. jika anda tidak sendirian tentunya, masukan data yang diminta seperti nama lengkap, Nik Ktp, jenis kelamin dan tanggal lahir. Kemudian klik simpan.

Langkah selanjutnya anda akan diminta untuk mengupload file identitas anda, seperti KTP, KK, SIM, dan STNK. File-file tersebut tidak boleh lebih dari 1 Mb. Setelah anda berhasil mengunggah file-file tersebut klik daftar.

Setelah anda mendaftar anda akan menerima bukti pendaftaran beserta kode. Di dalam form bukti pendaftaran anda akan diminta untuk verifikasi di lokasi yang telah ditentukan di  lihat di bawah form bukti pendaftaran. Perhatikan bahwa batas waktu verifikasi adalah 2x24 jam. Apabila anda tidak melakukan verifikasi maka akan secara otomatis sistem akan menghapus data pendaftaran dan kode booking yang anda terima tidak bisa digunakan lagi.

Download dan cetak bukti pendaftaran anda tadi untuk dibawa ke stasiun guna memverifikasi pendaftaran mudik gratis anda.


Semoga Perjalanan mudik tahun 2017 anda akan menyenangkan.

Jangan lupa share ke semua kerabat anda.

Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar