Perbedaan Kartu Memori SD, SDHC dan SDXC

Perbedaan Kartu Memori SD, SDHC dan SDXC

Perbedaan sd sdhc dan sdxc

Saat ingin membeli kartu memori banyak orang yang dibingungkan dengan berbagai jenis merek serta kelas kartu memori yang beredar di pasaran. Memory card adalah sebuah media yang memiliki peranan penting dalam hal penyimpanan. Sehingga biasanya pengguna smartphone ataupun kamera baru akan memikirkan memory card yang bagaimana yang ingin digunakan. Biasanya para pengguna yang masih awam hanya melihat dari segi kapasitas memori saja. Tanpa memilih jenis class dan yang lainnya.

Memilih kartu memory haruslah dipertimbangkan dengan matang karena nantinya benda inilah yang akan menjadi wadah berbagai data penting yang ingin disimpan dikemudian hari.

Berbagai merk kartu memory telah banyak beredar dipasaran dan hal ini akan semakin membingungkan orang yang awam dalam menentukan memori yang ingin dipakai. Masing masing produsen memory card juga menyediakan berbagai jenis memory card seperti misalnya micsro sd, sdhc dan sdxc.

Dari segi harga masing masing jenis memory card tersebut jelas berbeda namun ada perbedaan yang perlu kita ketahui dari masing masing memory card tersebut yaitu

Perbedaan Memory Card SD, SDHC dan SDXC

SD

micro sd

SD sendiri kependekan dari Secure digital. Biasanya SD card memiliki kapasitas antara 1 GB, 2GB dan 4GB.
Secara fisik SD card memiliki 3 jenis ukuran yakni Full SD, Mini SD dan Micro SD.
SD atau dikenal dengan SDSC (Secure digital Standard Capacity) ini masih memanfaatkan sistem FAT 16. Kertu memori jenis ini kini telah mulai sulit ditemukan dipasaran.

SDHC

micro sdhc

SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity. SDHC Memiliki ukuran kapasitas antara 4 GB sampai dengan 32GB. Secara fisik ukuran dari jenis SDHC juga terbagi menjadi 3 yaitu ukuran Full, Mini SDHC dan Micro SDHC. SDHC telah menggunakan sistem FAT 32 sehingga perangkat yang support format kartu SD biasanya tidak cocok dengan jenis ini. Kelemahan dari FAT 32 adalah memori ini tidak mendukung file berukuran lebih dari 4 GB dan kapasitas memori lebih dari 2TB. Jadi sangat tidak cocok untuk menyimpan file berukuran lebih dari 4GB sebagai solusinya bisa memilih SDXC yang sudah memakai sistem exFAT.

SDXC

micro sdxc

SDXC adalah singkatan dari Secure Digital eXtended Capacity. Biasanya menyediakan kapasitas Lebih dari 32Gb hingga 2TB. Ukuran fisik dari SDXC hanya terdapat 2 ukuran yakni hanya tersedia Ukuran Full SD dan Micro. Sedangkan ukuran mini sd sudah mulai ditinggalkan dan tidak diproduksi kembali karena beberapa produsen gadget sudah banyak yang meninggalkan ukuran jenis memori ini.
SDXC telah menggunakan sistem eXFAT. Berdasarkan Informasiyang beredar format ini tidak cocok digunakan untuk perangkatyang hanya mendukung SD dan SDHC.

Itulah perbedaan antara sd, sdhc dan sdxc, dengan mengetahui perbedaan perbedaan tersebut diharapkan kita tidak lagi bingung terkait jenis jenis kartu memori yang beredar dipasaran. Apalagi Bingung ketika baru saja membeli gadget atau kamera baru, dengan melihat spesifikasi yang disematkan dalam perangkat, kita bisa menenetukan jenis dan kapasitas serta merk untuk perangkat tersebut.

Perlu dikatahui pula bahwa memory card juga memiliki level class masing-masing mulai dari class 2, class 4, class 6, class 8 dan class 10.

Adapun maksud dari class tersebut yaitu
Class 2 mamiliki kecepatan read and write minimal 2 MB per second hingga 25 MB per second
Class 4 Memiliki kecepatan read and write minimal 4 MB per second hingga 50 MB per second
Class 6 memiliki kecepatan read and write minimal 6 MB per second hingga 150 MB per second
Class 10 memiliki kecepatan read and write minimal 10 MB per second hingga 320 MB per second.

Level class memory card ini disebut pula dengan istilah rating speed.

Nah itulah Sedikit penjelasan tentang perbedaan sd card, sdhc dan sdxc. Setelah membaca artikel ini apakah kamu sudah mengerti tentang apa itu Micro sd, apa itu sdxc, apa yang dimaksud sd class 10, apa itu uhs. Semoga sudah paham ya sob... Jika masih kurang jelas silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar