Cara Hiden Rumus dan Mengunci Cell di Exel Agar Tidak Bisa Diedit

Cara sembunyikan rumus exel dan mengunci cell pada exel untuk melindungi data penting agar tidak dirubah oleh orang lain. Dipercaya orang lain untuk mengolah data atau memiliki data penting apalagi data yang dianggap sangat sensitif dan berdampak besar terhadap kepercayaan orang lain sebaiknya kita berhati-hati agar tidak disalah gunakan atau bahkan di manipulasi oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah data berbentuk angka adalah menggunakan aplikasi ms.exel. Aplikasi yang identik dengan baris, kolom dan cell berbentuk kotak kotak ini memudahkan pemakainya dalam menghitung data berbentuk angka dengan rumus tertentu sehingga tidak perlu menghitung menggunakan komputer atau alat hitung lainnya.

Cukup menuliskan rumus di cell tertentu maka akan secara otomatis akan muncul hasilnya. Meski begitu untuk melindungi data terkait dengan data yang tidak boleh dirubah perlu dilakukan proteksi terhadap cell yang kita inginkan.

Keuntungan dari proteksi atau mengunci cell adalah semua baris, kolom dan cell dapat di edit terkecuali yang diberikan kunci atau diproteksi.

Cara hiden rumus dan proteksi Cell pada Exel Microsoft office 2007, 2010, 2013 dan 2016 

  • Block semua cell yang ingin di proteksi. Pada menu HOME cari tanda panah kebawah pada menu Number
Cara sembunyikan rumus pada exel dan mengunci cell exel
  • Kemudian setelah muncul Format Cells pilih menu Protection. Beri tanda ceklist pada Locked dan Hidden
Cara kunci cell exel 
  • Dalam keadaan masih di seleksi atau masih di block cell yang ingin diproteksi kemudian klik menu REVIEW dan pilih Protect Sheet. Kemudian masukkan password untuk mengunci. Klik OK.  Dan Ulangi kembali memasukkan password sama seperti sebelumnya. Kemudian klik OK lagi.cara lock dan sembunyikan rumus exel


  • Jika kamu mengikuti langkah diatas dengan benar maka rumus akan tidak terlihat pada formula bar dan cell yang kamu seleksi tadi tidak dapat dirubah. Cara lock cell tertentu dan sembunyikan rumus exel

  • Untuk mengembalikan agar bisa diedit dan rumus kembali muncul kamu bisa mengembalikannya dengan cara masuk ke menu REVIEW kemudian klik Unprotect sheet lalu masukan password yang kamu gunakan untuk mengunci lalu klik Ok.Cara hiden rumus dan mengunci cell di exel agar tidak bisa diedit

Itulah cara menyembunyikan rumus exel dan memproteksi cell pada exel agar tidak bisa diedit oleh orang lain. Dengan cara diatas kamu tidak perlu lagi khawatir dengan data yang dititipkan kepada orang lain karena hanya kamu yang bisa merubah bagian vital dalam dokumen exel kamu.

Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Hiden Rumus dan Mengunci Cell di Exel Agar Tidak Bisa Diedit"

Posting Komentar