Cara Perkecil Ukuran File Gambar (Foto, JPEG, JPG, PNG) di HP Android

Cara Perkecil Ukuran File Gambar (Foto, JPEG, JPG, PNG) di HP Android

Cara kompres file atau mengecilkan ukuran file foto menggunakan perangkat android. Kompresi file dilakukan untuk mengurangi besar file, semakin kecil ukuran file maka penggunaan memori di perangkat kita akan semakin irit.

Selain itu, untuk keperluan unggah foto ke internet juga tidak akan memakan banyak kuota serta waktu unggah atau uploadnya juga akan semakin cepat dibandingkan dengan mengunggah file foto yang belum di compress.

Baca juga Cara Kompres Video di HP Android

Terlebih lagi jika ingin mengunggah file foto ke situs situs tertentu yang mengaharuskan ukuran foto tidak lebih dari 500kb atau bahkan ada yang membatasi maksimal 300kb. Ini bukan satu masalah bagi kamu yang sudah punya file foto berukuran dibawah ukuran yang telah ditentukan. Namun bagaimana jadinya jika kamu tidak punya file foto dengan ukuran sekecil yang diminta. Jalan satu satunya yaitu dengan cara melakukan kompres foto.

Dengan perangkat kamera yang kian tinggi reolusinya maka semakin tinggi pula ukuran file hasil foto yang dihasilkan. Tentunya akan menjadi permasalahan bagi segelintir orang yang awam dengan olah gambar.

kompres foto di hp android memang tidak mudah karena umumnya hp android tidak di bekali aplikasi kompresi dari produsennya. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa langkah guna bisa melakukan kompresi foto diperangkat kamu.

Untuk mendapatkan aplikasi kompresi foto kamu bisa mencarnya di toko aplikasi seperti google play store. Namun dari sekian banyak aplikasi yang menawarkan fungsi yang sama saya mendapatkan satu aplikasi kompres gambar yang sangat kecil dengan ukuran hanya sebesar 1,3 Mb akan tetapi mampu menghasilkan kompresi yang nyaris sempurna dan hasil kompresnya juga tidak membuat gambar pecah.

Aplikasi yang saya maksud disini adalah aplikasi besutan dari pengembang bernama Saawan apps. aplikasi ini bernama Photo compress. Photo compress telah mendapatkan rating 4,1 yang menunjukan kepuasan bagi penggunanya.

Cara kompres foto di hp android

  • Pasang aplikasi photo compress di android kamu jika belum punya aplikasinya bisa mengunduhnya melalui  Google Play Store disini
  • Jika telah selesai mengunduh maka akan secara otomatis aplikasi akan terinstal. Pastikan ruang memori mencukupi
  • Setelah berhasil menginstal aplikasi Photo compress jalankan aplikasinya.
  • Pilih foto yang ingin kamu kompres atau dikecilkan ukuran filenya. Kamu bisa mengambilnya dari galeri atau langsung dari kamera.
    Cara perkecil ukuran foto di hp android
  • Setelah kamu memilih foto yang diinginkan selanjutnya tekan tombol COMPRESS. Maka akan muncul parameter tingkatan kompresi. Atur sesuai dengan kebutuhan. bisa dengan menggeser tombol dengan mode Last Used atau memilih kualitas Hight, Medium atau Low.
    Cara mengompres foto di android menggunakan photo compress
  • Jika sudah selesai mengatur tingkat kompresi selanjutnya klik lagi tombol COMPRESS maka akan terlihat hasil kompresi. Kamu bisa bandingkan file asli dan file hasil kompres.
    Cara compres foto pakai hp android


Berdasarkan hasil dari kompress foto yang saya lakukan dengan tingkat quality compress 65, file foto yang semula 2,33 Mb berubah menjadi 398,46 kb.

Untuk melihat hasil foto yang telah di kompres kamu bisa mengeceknya di galery dalam folder Foto Compress.

Baca juga Cara Ampuh Mengembalikan Berkas File foto dan file penting Yang telah Terhapus di HP Android 

Apa Saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi Photo compress?

Aplikasi mungil nan canggih ini tenyata memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu
  • Compress image file atau mengecilkan ukuran gambar
  • Rezise image atau mengatur ukuran gambar sesuai selera, kamu bisa mengatur ukuran panjang dan lebar gambar
  • Crop image atau memotong gambar

Apakah Photo compress bisa digunakan untuk compress atau rezise multiple photo?

Jawabannya tentu saja bisa. Caranya yaitu
  • Pilih menu Compress and rezise Multiple Photos di menu utama paling bawah yang berwarna kuning.
  • Kemudian klik OPEN GALERY
  • lalu pilih foto atau gambar yang ingin kamu kompress atau rezise selanjutnya klik tombol Send atau Share/Bagikan dan pilih aplikasi Photo Compress
  • Kemudian atur size width dan height image
  • Klik Next dan atur Qualitas compres . Kemudian tekan COMPRESS AND SHARE
  • Selesai hasil kompres foto terletak di folder photo compress.

Kesimpulan

Aplikasi Photo compress sangat cocok digunakan di semua perangkat android selain karena file yang kecil, kinerja dan hasilnya pun tidak diragukan lagi. Aplikasi compres foto ini tidak perlu koneksi internet untuk pengoperasiannya. Selain itu aplikasi ini juga gratis dan belum dipasang script iklan oleh pengembangnya sehingga tidak akan menggangu kamu dalam melakukan kompres, rezise, hingga crop image.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar