Inilah Cara Ampuh Mengembalikan Foto dan Berkas File Penting Yang Telah Terhapus

Inilah Cara Ampuh Mengembalikan Foto dan Berkas File Penting Yang Telah Terhapus

Bagaimana cara mengembalikan foto dan data penting yang telah terhapus di android. Kemudahan dalam menyimpan data digital memang memanjakan para pengguna smartphone. Seiring berkembangnya teknologi media penyimpanan dan teknologi perangkat keras lainnya muncul juga kasus kasus yang kehilangan data dalam perangkat.

Dari beberapa kasus hilangnya data penting dalam media penyimpanan atau perangkat digital bisa disebabkan oleh orang lain yang sengaja menghilangkan data ada juga beberapa yang pelakunya adalah dirinya sendiri. Alasan menghilangkan data tersebut adalah karena menganggap data tersebut kurang atau bahkan tidak ada gunanya. Akan tetapi di kemudian hari ternyata sang pemilik yang telah menghapus data peting tersebut sangat dibutuhkan.

Terdapat juga kasus lain yang tidak kalah menarik dan harus diwaspadai. Seperti misalnya salah hapus folder padahal didalamnya terdapat foto,  dokumen dan file penting lainnya. Akan tetapi orang yang menghapusnya tidak tahu isi yang ada didalam folder tersebut.

Untuk mengembalikan file foto yang telah terhapus di smartphone android yang sudah di root dapat memanfaatkan beberapa aplikasi recovery yang dapat diperoleh di playstore

Penasaran bagaimana caranya mengembalikan file yang telah terhapus baik karena sengaja dihapus karena format kartu memory atau kerena reset pabrik. Berikut ulasan lengkapnya

Cara mengembalikan foto yang terhapus

1. Mengembalikan Foto Terhapus Dengan Disk digger photo recovery

Untuk dapat menggunakan aplikasi disk digger undelete diperlukan aksess root.

Aplikasi disk digger tersedia secara gratis. aplikasi ini dapat mengembalikan file berekstensi .JPG, .PNG  dan .MP4. Sementara untuk file dengan extensi lain selain jpg, png dan mp4 hanya tersedia di versi berbayar atau disk digger pro.

Langkah-langkah mengembalikan file dengan disk digger undelete

  1. Instal aplikasi disk digger undellete dari playstore pastikan ponsel anda telah di root sebelumnya
    cara mengembalikan foto dan video yang telah terhapus di android
    Disk digger photo recovery
  2. Seteah selesai instal, berikan akses root pada aplikasi. dengan cara mengklik ijinkan jika muncul opsi dari aplikasi disk digger untuk meminta akses root. 
  3. pilih media penyimpanan untuk mengembalikan data dari memori internal atau external
  4. Pilih format file yang ingin di recoveri atau dikembalikan cengan cara memberikan checklist pada jenis file yang diinginkan.kamudian klik Ok
  5. Tunggu hingga disk digger selesai melakukan scan file sesuai dengan yang di tentukan.
  6. Setelah selesai maka akan muncul file file yang telah dihapus sesuai dengan ekstensi yang dipilih tadi.
  7. Pilih file yang ingin dikembalikan atau direcoveri dengan menceklist pada file tersebut kemudian tekan save selected file locally
  8. selesai

2. Mengembalikan Data dan Foto Undeleter Pulihkan Berkas Data

aplikasi ini dikembangkan oleh Fahrbot PRI yang telah diunduh hingga 27 ribu pengguna. Untuk mendapatkan aksess full dari aplikasi ini pengguna harus membeli yang versi pro.
Untuk undeleter versi gratishanya bisa digunakan untuk merecovery foto, sms dan text.

Cara recovery file (mengembalikan file) menggunakan undeleter pulihkan berkas data

  1. Download dan instal aplikasi undeleter pulihkan berkas data dari playstore
  2. Jalankan aplikasi dan berikan akses root jika muncul peringatan dari aplikasi tekan tombol ijinkan.
    bagaimana cara mengembalikan data seperti foto dan video yang telah terhapus
    Undeleter pulihkan berkas data
  3. Pilih restore file atau restore data (seperti sms dan call log)
  4. Pilih lokasi penyimpanan yang ingin anda recovery memory internal atau micro sd (external storage)
  5. Pilih jenis scan jika anda masih ingat jenis file apa yang ingin di recovery pilih saja deep scan karena mode ini kita bisa menentukan sendiri jenis file yang ingin di recovery. Atau memilih mode jurnal scan dimana semua jenis file akan di scan.
  6. Klik scan
  7. Setelah prose scan selesai maka akan muncul file hasil scan. pilih file yang ingin dikembalikan kemudian tekan tombol restore item di pjok kanan atas.
  8. Selesai
Aplikasi ini masih memiliki kekurangan yakni hanya mampu mengembalikan file yang masih memiliki thumbnail saja. Jika file tersebut tidak ada thumbnailnya bisa dipastikan tidak dapat dikembalikan dengan aplikasi ini.

3. Mengembalikan Foto yang telah terhapus menggunakan Wondershare Dr. Fone

Langkah langkah mengembalikan data smartphone yang telah terhapus menggunakan wondershare dr fone :


  • Instal aplikasi wondershare dr fone di komputer
  • Hubungkan perangkat smartphone yang ingin di recovery ke komputer menggunakan kabel data
  • aktifkan USB debugging lewat perangkat android kamu
  • Setelah perangkat android dan aplikasi wondershare dr.fone terhubung Pilih jenis fie yang ingin di recovery karena dalam hal ini ingin mengembalikan file foto maka yang harus dipilih dan diberikan tanda check list adalah Galery. perlu diketahui juga bahwa wondershare dr fone ini mampu mengembalikan jenis file video, audio, dokumen, call history, pesan, kontak, hingga whatsapp message dan lampiran berkasnya.
  • Klik Next dan tunggu hingga aplikasi wondershare dr fone menampilkan file foto yang terhapus.
  • Jika sudah muncul pilih foto yang ingin kamu kembalikan
  • Setelah selesai memilih maka tinggal klik tombol Recover
  • Dalam sekejap foto yang telah terhpus akan kembali ke galeri di smartphone kamu. 

4. Menggunakan Dumpster-Recycle Bin

Dumpster adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh  Baloota. Kemampuan untuk mengembalikan atau daur ulang foto dan video di perangkat android tidak di ragukan lagi. selain itu dumpster juga dapat mengembalikan aplikasi yang telah terhapus dari perangkat android.
Inilah cara ampuh mengembalikan foto yang telah terhapus

Dumpster sendiri sebenarnya adalah sebuah aplikasi pengaman agar file yang terhapus bisa dikembalikan ke perangkat. Setelah pengguna memasang aplikasi dumpster diperangkat android maka aplikasi ini akan secara otomatis mencadangkan dan menyimpan seluruh file yang baru saja terhapus.

Kita tidak perlu khawatir file foto atau video penting di smartphone kita terhapus oleh orang lain. aplikasi ini akan menyimpannya.  Aplikasi ini bisa dikatakan sama dengan recycle bin pada komputer dengan sistem operasi windows. jadi jika kita menghapus file semua file yang baru saja terhapus akan tersimpan di recyle bin. dan jika kita ingin mengembalikan tinggal tekan restore.

Meski dumpster tersedia secara gratis namun untuk mendapatkan fitur yang  penuh dari aplikasi ini  pengguna harus membayar fitur dumster premium. Adapun fitur premiumnya yaitu pengguna akan mendapatkan pencadangan dari dumpster cloud, kemampuan mengunci layar dan fitur ganti tema dan desain tampilan app.

5. Menggunakan aplikasi GT Recovery- Pulihkan foto sms

Jika perangkat anda telah di root maka untuk mengembalikan foto yang terhapus bisa menggunakan Gt recovery.
Cara kembalikan foto yang telah terhapus

GT recovery adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Hangzou Kuaiyi Technology co.,ltd. GT recovery dapat diunduh secara gratis di google playstore.

Jika kamu kehilangan foto atau file penting karena terhapus secara sengaja atau tidak sengaja, baik karena format kartu memory serta  reset pabrik ponsel. Jangan khawatir aplikasi ini bisa menjadi solusinya.

Hampir semua jenis file gambar, audio, video, kontak, sms, pesan chat hingga password wifi dapat dengan mudah dikembalikan menggunakan GT recovery.

Gt recovery telah mendukung format volume yang utama seperti FAT, EXT3 dan EXT 4. Jika perangkat android kamu belum di root maka jangan khawatir kamu juga bisa menggunakan  GT ecovery versi PC yang tentunya disediakan secara gratis seperti halnya versi androidnya.

6. Recovery foto dengan aplikasi DigDeep Image recovery

Cara kembalikan foto yang telah terhapus pada perangkat android

Aplikasi yang dikembangkan oleh GreatStuffApps ini disediakan secara gratis di google playstore. Aplikasi yang khusus untuk mengembalikan foto yang telah terhapus ini mampu menngembalikan file gambar walapun gambar tersebut dihapus sebelum instal aplikasi digdeep sendiri. Namun demikian pada beberapa merk smartphone tidak berjalan dengan sempurna dan hanya membaca foto yang terhapus setelah pemasangan aplikasi ini.

Cara mengembalikan fotoyang terhapus dengan digdeep sangat mudah. Pertama, Instal aplikasi digdeep image recovery jika belum punya bisa mencari dan mengunduhnya dari googleplay store dengan cara mengetikkan kata kunci "digdeep image recovery" di kolom pencarian.

Setelah berhasil menginstal aplikasi digdeep image recovery diandroid kamu maka jalankan aplikasinya. Dalam beberapa saat maka aplikasi akan secara otomatis melakukan scanning terhadap media penyimpanan yang ada di perangkat android kamu.

Setelah selesai melakukan scanning maka akan muncul folder folder tempat foto yang telah terhapus. carilah foto yang ingin di kembalikan dengan cara membukanya satu persatu jika lupa tempat folder tempat image atau foto itu terhapus. Akan lebih mudah jika kita masih ingat pasti tempat foto pada folder apa. Maka tidak perlu repot repot melakukan pencarian satu persatu.

setelah ketemu file foto yang terhapus maka langkah selanjutnya adalah menandai foto. kamu bisa menandai lebih dari satu foto untuk dikembalikan. Setelah selesai tinggal klik tombol restore.

Nah sampai langkah ini kamu sudah mengembalikan foto terhapus yang kamu inginkan. Jika ingin membukanya dan melihat hasilnya kamu bisa mebuka folder RestoredPictures pada galeri smartphone kamu

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan foto dan file penting lainnya yang telah terhapus. Semoga berhasil.

NOTE : 

Untuk menghindari terhapusnya foto pada perangkat kamu ada baiknya kamu mengupload atau mencadangkannya menggunakan google foto sehingga jika file foto yang ada diperangkat kamu terhapus kamu bisa mengeceknya lagi di google foto. atau juga jika pada google foto telah terhapus biasanya masih bisa dikembalikan jika belum lewat 60 hari sejak dihapusnya foto kamu.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar