Mengatasi Duplicate Meta Descriptions

APLIKASISME.COM - Cara mengatasi duplicate meta description pada google webmaster tool. Setelah melakukan pengecekan di web console  atau google webmaster tool saya menemukan banyak sekali eror di dalam blog saya ini. Adapun eror yang saya dapati dari pengecekan saya terhadap blog ini yaitu adanya duplicate meta descriptions, short meta descriptions, Duplicate title tags dan non informative title tags. Mungkin karena saya terlalu asik dengan kesibukan menata tema dan menyiapkan topik artikel blog ini sehingga saya lupa untuk melakukan pengecekan di google webmaster tools.

Cara mengecek eror duplicate meta descriptions

Untuk mengetahui blog tersebut memiliki eror duplicate meta descriptions atau tidak kita bisa melakukan pengecekan di google webmaster dengan memilih menu Search Appearance - Html Improvements. jika terdapat eror maka tulisan duplicate meta descriptions akan berwarna biru.
cara mengatasi duplicate meta descriptions blogspot di google webmaster
cara mengatasi eror duplicate meta descriptions
Url yang disinyalir Terdapat duplikasi deskripsi

Penyebab masalah duplicate meta descriptions

Munculnya eror pada web console google webmaster tool disebabkan oleh terdapatnya dua atau lebih meta deskription di dalam blog yang sama. Pada kasus yang saya alami, ini terjadi karena saya mengganti url artikel tersebut. Tidak menutup kemungkinan meski artikelnya berbeda akan tetapi deskripsinya sama presis juga akan muncul eror duplicate meta description.

Solusi masalah duplicate meta descriptions

Untuk mengatasi duplikat meta description kita bisa mengubah deskripsi penelusuran disebelah kanan kolom posting, hal ini dilakukan agar mesin pencari tidak mengenali sebagai kesamaan deskripsi.

Karena dalam kasus ini disebabkan karena saya mengubah url maka saya melakukan pengubahan deskripsi dan juga melakukan penghapusan url yang sudah tidak digunakan di google webmaster. dengan cara masuk ke menu Google index dan pilih Remove URLs. caranya sangat mudah yaitu hanya cukup memasukkan url yang dihapus dan kemudian kita tinggal tunggu agar google mnghapus url tersebut dari histori url di pencarian mesin telusur google.

Sebenarnya hanya dengan meremove url yang tidak terpakai lagi sudah mengatasi permasalahan ini akan tetapi dalam kasus saya ini artikel tersebut juga punya permasalahan denga short meta descriptions sehingga saya melakukan penambahan deskripsi di kolom deskripsi penelusuran.

Untuk melihat hasilnya kita harus menunggu hingga beberapa hari. google akan menampilkan hasilnya setelah melakukan perayapan di blog tersebut.

Saran saya sebelum melakukan penggantian url sebaiknya rubahlah terlebih dahulu deskripsinya, kemudian lakukan remove urls di google webmaster.

Semoga Bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengatasi Duplicate Meta Descriptions"

  1. Ketemu juga yang dicari..tpi, Apakah mengedit html theme dapat mengatasi kak..Soalnya punyaku malah semakin banyak nih..Makasih

    BalasHapus