Komputer Tertua Dunia Diprediksi Berumur Lebih Dari 2000 Tahun Yang Bernama Antikythera

Antikythera dikenal sebagai komputer tertua didunia yang diprediksi telah berumur 2000 tahunan dan telah bertahun tahun berada di dasar laut

APLIKASISME.COM - Komputer tertua didunia bernama Antikythera. Apakah nama komputer tertua didunia? Komputer tertua didunia bernama "Antikythera". Komputer tertua antikythera diprediksi telah berumur 2000 tahun lebih, antikythera ditemukan disebuah pesisir  pulau sinythera negara yunani. Komputer tertua ini disinyalir dibuat antara tahun 200-70 sebelum masehi. Di laut Aegean inilah awal mula ditemukannya komputer tertua ini.

Komputer tertua antikythera di temukan oleh seorang arkheolog yunani yang bernama Valerios stais. Antikythera berisi sekumpulan roda gigi yang berjumlah 30 buah yang berputar dan alat ini telah digunakan oleh orang yunani kuno untuk memprediksi Gerhana, memprediksi benda benda langit dan menentukan waktu untuk olimpade. Dengan menggunakan alat ini orang yunani kuno dapat menentukan gerhana matahari dan bulan secara tepat.

Hingga saat ini antikyhera masih diteliti oleh para ilmuwan. Keunikan dan kecanggihan orang yunani kuno yang telah mampu menciptakan sebuah alat kecil yang sangat kompleks ini membuat para peneliti kagum dengan kemampuan orang-orang terdahulu.

Bisa dibayangkan sendiri sebuah arloji yang hanya memilki beberapa roda gigi saja sangat susah kita untuk membuatnya karena ukurannya yang kompleks apalagi dengan jumlah roda gigi sebanyak 30 buah yang saling mengait dan berputar, itu adalah skill yang diatas rata. hanya orang hebat yang mampu menciptakan alat ini. Apalagi di jaman kuno itu sangat luar biasa.

Antikythera ditemukan oleh valerios stais pada tanggal 17 mei 1902 bertepatan pada Hari rabu sehingga hari ini tepatnya tanggal 17 mei 2017 diperingati sebagi hari ditemukannya komputer tertua didunia Antikythera yang ke-115. dalam rangka memperingati hari yang sangat bersejarah ini google menghiasi lamannya menggunakan doodle antikythera.
Dan sekarang hasil penemuan Antikythera ini sebagai komputer tertua dunia ini telah di simpan di sebuah musium arkheologi di athena yunani.

Jika ingin melihat kita bisa mendatanginya dan bisa bertanya kepada para ahli arkheolog yang ada di musium tersebut.
Untuk mengungkap semua hal tentang antikythera banyak para peneliti yang datang dari luar yunani, seperti misalnya Derek de J.solla pricedari inggris yang meneliti pada tahun 1951.

Hebat kan orang jaman dulu?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komputer Tertua Dunia Diprediksi Berumur Lebih Dari 2000 Tahun Yang Bernama Antikythera"

Posting Komentar