Cara Mengetahui Semua Perangkat Yang Terkoneksi Ke Dalam Jaringan Wifi Kita

cara melakukan scan terhadap semua perangkat yang terkoneksi ke jaringan wifi menggunakan hp dan laptop

APLIKASISME.COM - Cara mendeteksi pengguna wifi illegal. Membagikan Koneksi internet menggunakan wifi adalah cara termudah dan termurah akan tetapi membagikan Koneksi internet menggunakan wifi memungkinkan terjadinya pencurian koneksi internet oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemilik. Untuk menghindari terjadinya pencurian koneksi internet dari WIFI kita langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan cara mengetahui siapa saja yang terhubung atau terkoneksi dengan jaringan Wifi kita. 

Saat terjadi pencurian koneksi internet akan berdampak pada kecepatan koneksi. Perubahan kecepatan dapat dirasakan saat melakukan browsing ataupun download. Semakin banyak pengguna Wifi yang terkoneksi dengan jaringan kita maka semakin berat dan semakin rendah kecepatan internetnya.

Jika anda merasakan koneksi internet yang melambat tiba-tiba, patut ditelusuri sebagai tindak pencegahan ada atau tidaknya penyusup yang menggunakan WiFi kita.

Cara Mendeteksi Perangkat yang terkoneksi ke jaringan wifi


Cara mengetahui perangkat yang terkoneksi dengan jaringan wifi kita untuk menanggulangi pencurian WiFi :

1. Scan menggunakan fing network tools

Aplikasi fing Network tools adalah sebuah aplikasi yang dapat berjalan di HP Android untuk menggunakannya kita perlu mendownload dari Playstore penggunaannya pun sangat mudah yaitu Buka aplikasi fing Network tools maka secara otomatis aplikasi tersebut akan melakukan scan terhadap semua perangkat yang terhubung dengan wifi kita. Waktu scanning device bergantung pada banyaknya perangkat yang terhubung pada jaringan kita. 

2. Scan menggunakan Who's on my wi-fi

Cara mengetahui perangkat yang terhubung dalam jaringan Wifi kita menggunakan Who is on my wi-fi adalah sebuah cara yang hanya bisa dilakukan melalui PC atau laptop. 

Lakukanlah penginstalan aplikasi Who is on my wifi pada laptop anda kemudian Anda pilih scan maka secara otomatis aplikasi ini akan memindai semua perangkat yang terkoneksi dengan wifi kita. Menggunakan aplikasi ini kita dapat mengetahui perangkat yang terkoneksi disertai dengan IP dan MAC address. 
Untuk menghindari pencurian kita dapat melakukan blokir terhadap semua perangkat yang tidak kita inginkan atau dengan cara melakukan penggantian kata sandi.

3. Scan menggunakn CMD

Cara mengetahui perangkat yang terkoneksi ke dalam jaringan Wifi menggunakan CMD hanya dapat dilakukan menggunakan PC atau laptop seperti halnya pada Langkah kedua di atas. Hanya saja kita tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan karena kita memanfaatkan command prompt yang telah tersedia di Windows kita.
Untuk melakukan pemindaian atau scanning perangkat caranya sangat mudah yaitu buka command prompt atau CMD melalui Run dengan cara menekan Windows + R kemudian ketikan CMD.

Setelah CMD terbuka ketik "net view" ( tanpa tanda petik) pada Prom yang telah terbuka kemudian tekan enter. Maka secara otomatis akan menampilkan perangkat yang terkoneksi ke dalam jaringan Wifi anda.

Untuk memastikan perangkat tersebut aktif menggunakan wifi kita kita dapat melakukan ping terhadap Salah satu perangkat. Yaitu dengan mengetik ping spasi nama komputer kemudian tekan enter. Contoh : ping DIDI-PC kemudian enter.

Semoga dengan menggunakan cara diatas anda tidak akan lagi kecolongan kuota karena dipakai oleh orang yang tidak dikenal disekitar anda, atau minimal anda dapat mengantisipasinya agar tidak terjadi berulang-ulang.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Semua Perangkat Yang Terkoneksi Ke Dalam Jaringan Wifi Kita"

Posting Komentar