Cara Menonaktifkan Fungsi Port USB Pada Widows

Bagaimana cara mengunci dan membuka kunci port usb komputer? Sebagian besar perusahaan atau institusi yang memiliki aturan ketat terkait keamanan komputer dalam jaringannya biasanya melakukan proteksi bahkan menonaktifkan fungsi port usb.

Alasannya sangat masuk akal. Sebagian dari mereka yang bergelut sebagai tenaga IT di suatu perusahaan sering menemui kasus tertularnya virus di komputer salah satu klien dalam jaringannya. Tak ingin mengambil resiko dan berpotensi mendatangkan kerugian yang lebih besar biasanya petugas IT akan melakukan tindakan agar peristiwa serupa tidak terulang.

Salah satu akses masuk dari virus yang menular pada jaringan biasanya berawal dari sebuah media penyimpanan portable seperti flashdisk. Karena sifatnya yang kecil dan mudah dibawa kemana mana banyak yang menganggap sepele sehingga lebih besar kemungkinan terinveksi virus dari komputerlain akan semakin besar.

Langkah awal yang biasanya di ambil oleh para petugas IT di lapangan biasanya melakukan proteksi hingga menon aktifkan port usb yang ada di setiap komputer dalam jaringannya.


Cara Disable atau Menonaktifkan Port USB Pada Komputer 

Menon aktifkan port usb melalui setting registri

  • Klik Start
  • Ketik Run pada kolom pencarian 
  • Ketik regedit Lalu klik ok. Kemudian akan muncul peringatan User account control yang menanyakan Do you want to allow the following program to make change to this computer? Maka klik saja Yes
  • Setelah masuk ke jendela registri kamu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/services/USBSTOR.
cara memproteksi port usb, cara mengunci port usb komputer


  • Kemudian  buka  Start kemudian ganti value data yang semula 3 menjadi 4.
Cara agar teman tidak bisa mencolokkan flashdisk ke komputer kita, cara agar orang lain tidak bisa menggunakan flashdisk di komputer kita


  • Kemudian klik Ok
  • Tutup jendela registri dan restart komputer atau laptop kamu
Itulah cara mencegah penularan virus melalui flasdisk dengan cara disable port usb. Dengan dilakukannya langkah ini maka komputer tidak akan membaca atau mendeteksi setiap flashdisk yang dicolokkan ke port USB.

Untuk membuka atau enable kembali port usb caranya sama hanya mengganti value data ke nilai semula yakni dari 4 menjadi 3.

Semoga bermanfaat tips diatas untuk menonaktifkan fungsi port usb komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menonaktifkan Fungsi Port USB Pada Widows"

Posting Komentar