Saran Pencegahan Agar Tidak Terjangkit Ransomware WannaCry

Saran Pencegahan Agar Tidak Terjangkit Ransomware WannaCry

APLIKASISME.COM - Terkait pemberitahuan tentang penyebaran virus Wannacry berbagai pihak telah bersiap-siap untuk menanggulangi kemungkinan terinfeksi virus ini. Ransomware yang telah berhasil memakan banyak korban ini memang sangat ditakuti oleh setiap kalangan. Di indonesia sendiri telah beredar pemberitaan mengenai korban yang pertama kali terserang virus wannacry ini yakni Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Dengan munculnya korban ini memberikan tanda bahwa virus ini memang benar-benar sangat berbahaya. Bahkan menurut kabar dari media luar negeri banyak rumah sakit yang dibikin pusing karena ulah virus wannacry ini. Ransomware ini telah berhasil mengacaukan sistem antrian di rumah sakit di beberapa negara di eropa dan menurut pengamatan kominfo negara yang merasakan dampak terparah karena serangan wannacry ini adalah inggris.

Seiring maraknya korban yang tengah berjatuhan kemkominfo memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan terus berhati-hati dalam berinternet. Berikut adalah saran pencegahan yang dirilis oleh kominfo.
antisipasi serangan ransomware wannacry 15 mei 2017

Lalu bagaimanakah reaksi perusahaan besar yang bergantung pada internet terutama perusahaan yang masih menggunakan windows sebagai sistem operasi di dalam perusahaaanya? bisa dibayangkan jika dalam satu perusaan yang pastinya telah terkoneksi dengan satu server lalu tiba-tiba terinfeksi pasti akan menjadi petaka yang sangat luar biasa bagi perusahaan tersebut.Yang pasti akan lebih menyibukkan ahli IT di perusahaan tersebut. Parahnya virus wannacry ini belum ada yang mampu menangulanginya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut bagi para petinggi dan pihak yang berwenang di sebuah perusahaan sebaiknya memberikan sosialisasi kepada semua bawahannya terkait ancaman malware khususnya ransomware wannacry ini sebelum memulai pekerjaannya. Akan lebih efektif jika memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada bawahannya untuk mengikuti prosedur yang disarankan oleh kominfo melalui pesan singkat atu melalui pesan instan seperti WhatsApp atau BBM.

Mencegah itu lebih baik dari pada memperbaiki. Mungkin tak serumit hanya memperbaiki sebuah perangkat yang rusak akan tetapi lebih dari itu permasaahannya. jika ada satu perusahaan yang samapi terjangkit virus ini maka dampaknya akn sangat besar. Akan menghambat aktifitas dan kinerja di perusahaan tersebut. terlebih jika data data penting yang ada di perusaan tersebut belum di backup. Pasti akan sangat menyakitkan buat para bos di perusahaan itu.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah melakukan sosialisasi kepada rekan atau bawahan anda di kantor?  Jangan sampai menyesal di akhir, lakukan pemberitahuan sekarang juga.


Semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar