3 Cara Mengambil Long Screenshot Android

Cara mengambil dan menyimpan screenshot panjang pada smartphone android. Untuk menyimpan tampilan layar biasanya kita memanfaatkan fasilitas bawaan. Masing masing produk dari pabrikan yang berbeda tentu berbeda cara mengambil screenshotnya. Kebanyakan dari smartphone android memanfaatkan kombinasi tobol sebagai cara cepat untuk menagkap tamilan layar. Misalnya kombinasi tombol power + volume up / down, atau kombinasi tombol power + home.

Mengambil dan menyimpan screenshot biasanya dilakukan dengan tujuan menyimpan sesuatu yang penting misalnya bukti transfer saat melakukan transaksi online, menyimpan percakapan di aplikasi instant messsanger, menyimpan tutorial penting dari internet, mengambil screenshot untuk membuat tutorial dan masih banyak lagi tujuan lainnya.

Mengambil long screenshot dapat dengan mudah dilakukan jika kita menggunakan smartphone dengan fitur high end. Biasanya smartphone kelas atas telah melengkapi fitur long screenshot. Dengan cara yang sama seperti melakukan screenshot biasa dengan menekan tombol kombinasi kemudian memilih scrool sehingga akan didapat hasil long screenshot.

Smartphone yang sudah mendukung long screenshot contohnya adalah xiomi. Semua smartphone xiomi yang telah menggunakan Rom MIUI 8 (8.0.1.0) atau lebih baru sudah terdapat fitur screenshot panjang.

Bagaimana jika smartphone android kamu belum tersedia fitur long sreenshot? jangan khawatir kali ini aplikasisme akan memberikan solusinya.

Cara menyimpan long sreenshot android

1. Memanfaatkan aplikasi Stitch and share big : screen shot

Cara mengambil long screenshot hp android

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mengambil long screenshot pada aplikasi pesan instant seperti wa, bbm, messanger, dan aplikasi pesan instan lainnya.

Cara kerjanya yaitu menggabungkan beberapa screenshot menjadi satu. Untuk itu harus mengambil beberapa tangkapan layar untuk kemudian digabungkan.

Pada update terbarunya versi 2.0 kini telah dilengkapi tambahan scrooling capture sehingga tidak perlu lagi mengambil banyak screenshot untuk digabungkan. aplikasi akan melakukan secara otomomatis.

2. Memanfaatkan aplikasi longshot 

Cara mudah menyimpan long screenshot hp android
Aplikasi longshot

Aplikasi longshot for long screenshot ini dikembangkan leav jenn. kelebihan aplikasi ini yaitu dapat melakukan capture secara otoamtis setelah melakukan scrool. Dapat membuat long screenshot secara vertikal dan horisontal sesuai kebutuhan. aplikasi ini juga menangkap tampilan web yang dilengkapi dengan pilihan untuk posisi star dn posisi akhir.

Aplikasi longshot juga gratis dan tidak ada watermark pada hasil screenshotnya.

3. Memanfaakan aplikasi Scrool capture for web

Cara menyimpan dan mengambil long screenshot android
Aplikasi yang dikembangkan oleh evening labs ini telah banyak direkmendasikan oleh para netizen meski penggunaannya hanya sebatas long screenshot untuk web saja namun rupanya telah memiliki tempat tersendiri di hati para penggunanya.

Aplikasi ini tidak lain adalah sebuah browser yang berfungsi untuk mengcapture halaman web secara penuh. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang suka menyimpan artikel artikel panjang yang ada di internet atau ingin membagikannya kepada rekan atau kerabat.

Penggunaanya yang mudah seperti browser biasa dan untuk mengambil long sreenshot juga tidak terlalu rumit. Kamu bisa mengatur kualitas tangkapan layar dari 50 hingga 100. Semakin tinggi capture quality semakin baik pula tampilan yang dihasilkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa solusi untuk menyimpan screenshot panjang pada hp android yang belum mendukung fitur scrooling capture. Masing masing aplikasi memiliki kelebihan silahkan kamu pilih sesuai dengan selera.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Mengambil Long Screenshot Android"

Posting Komentar