-->
28 Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Dipakai Oleh Para Master Di Dunia

28 Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Dipakai Oleh Para Master Di Dunia


Memiliki blog dengan pengunjung yang melimpah adalah impian yang diidamkan oleh sebagian besar bloger di seluruh dunia. Tak terkecuali saya dan saya yakin anda juga menginginkannya.

Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak memang bukan suatu perkara yang mudah, kita harus bekerja dan harus belajar dari berbagai sumber termasuk para ahli.

cara meningkatkan traffik pengunjung blog paling banyak digunakan oleh para master blog di dunia

Ada banyak cara untuk menaikkan trafik pengunjung blog atau website. Berikut adalah 28 cara meningkatkan trafik website atau blog ala aplikasisme.com

1. Buatlah konten viral

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan konten viral itu? Konten viral adalah konten yang mudah menyebar dengan cepat melalui berbagai media.

Dalam membuat konten viral terdapat beberapa unsur atau elemen yang perlu diketahui oleh semua content creator atau penulis blog pada umumnya guna meningkatkan traffic pengunjung. 

Terdapat tiga elemen penting dalam konten viral yaitu emosi, tipe konten dan format konten. 
Adapun content yang melibatkan emosi didalamnya seperti misalnya kejutan, peringatan, menenangkan, mengejutkan menghibur, menginspirasi serta keindahan

Sebuah konten viral biasanya memuat fakta, kutipan, video,  interaksi, grafik atau gambar.
Untuk membuat konten menjadi lebih viral sajikan salah satu konten seperti kuis, tips, hasil penelitian, kisah dan list atau daftar. Pilihlah salah satu untuk dimuat dalam tulisan atau artikel blog anda. 

Selain mempertimbangkan hal-hal diatas, untuk membuat konten viral kita juga harus mempertimbangkan atau memilih topik dari tulisan yang hendak kita buat. Topik tersebut antara lain artikel mengenai trend, artikel yang berisi kejutan, artikel yang memberikan inspirasi bagi pembacanya, artikel yang memuat tentang kontroversial, artikel yang memuat rahasia yang banyak orang mencarinya, artikel yang berisi peringatan, artikel yang berisi quiz, tulisan yang menghibur serta artikel yang memuat gambar, tulisan yang berisi tips atau trik terbaru.

2. Pilihlah tema blog yang menarik

Dalam membuat blog tema adalah sebuah hal penting yang mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Semakin mudah navigasi yang disediakan dari tema blog anda maka semakin mudah pula pengunjung mendapatkan Informasi lebih dari blog anda. Dapat dipastikan jika pengunjung merasa nyaman maka tidak menutup kemungkinan pengunjung untuk kembali lagi untuk menguras information yang ada di blog anda

3. Perhatikan kecepatan loading

Kecepatan loading adalah aspek penting dan sangat berpengaruh terhadap posisi Blog anda di mesin pencari google. Bisa dibayangkan jika loading dari blog anda lama maka kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan blog anda. Hal ini sungguh menyakitkan bukannya blog anda ramai pengunjung untuk sekedar melihat pun males karena menunggu loading yang teramat berat untuk itu perhatikanlah hosting dan domain anda jika anda menggunakan Wordpress hapuslah plugin yang tidak berguna dan pilihlah tema yang tepat. Untuk blogger yang menggunakan blogspot cukup mengganti tema yang ringan dan cepat loadingnya.

4. Tentukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi

Penentuan kata kunci yang tepat akan mempengaruhi posisi blog atau website anda di kolom pencarian Google. Dalam membuat sebuah artikel menentukan kata kunci adalah sebuah hal penting. Dalam menentukan sebuah kata kunci untuk artikel anda, anda dapat menggunakan beberapa aplikasi Gratis seperti misalnya Google keyword Planner, Google autocomplete, Keyword tool, AdWords search terms, Keyboard eye (basic), word stream, free keyword tool Dan ubbersuggest.

5. Letakkan keyword di judul postingan

Judul adalah sebuah hal paling penting dalam sebuah artikel. Oleh karena itu letakkanlah kata kunci di judul postingan anda karena judul adalah kalimat pertama yang di baca oleh visitor.

6. Letakan kata kunci di awal kalimat 

Dalam membuat artikel meletakkan kata kunci di awal kalimat menjadi sebuah trend dan banyak orang yang melakukannya termasuk saya. Dan saya rasa hal ini cukup ampuh untuk memikat google search.

7. Letakan kata kunci di nama gambar dan alt tag gambar

Dalam meningkatkan pengunjung blog meletakkan sebuah kata kunci dinama gambar dan alt tag gambar adalah sebuah keharusan guna menggaet mesin pencari dalam merayapi blog andaD dan akan berpengaruh pada hasil telusur yang orang lain lakukan.

8. Optimasi menggunakan mesin pencari

Agar blog Atau website Mendapatkan pengunjung yang berlimpah kita wajib Mengenal yang namanyaSearch engine. Search engine tersebut antara lain Google BingDan yandex. Masukkanlah blog atau website anda Di Webmaster tools Setting lah sedemikian rupaDan biarkan Bot mesin pencari Melakukan perayapan di website atau blog anda.

9. Blog walking

Melakukan blogwalking dan berkomentarlah sesuai aturan yang berlaku dan pastikan komentar anda tidak bertolak dengan artikel yang anda beri komentar atau dengan kata lain berkomentarlah sesuai topik yang sedang dibahas. Semakin bagus komentar yang anda tuliskan maka akan memungkinkan pemilik blog ataupun tamu dari blog yang anda kunjungi untuk berkunjung ke blog anda.

10. Menjadi penulis tamu

Cara mendatangkan trafik blog dengan menjadi penulis tamu merupakan sebuah cara yang paling efektif dan diketahui memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu anda akan mendapatkan penilaian positif dari orang lain anda akan dianggap sebagai pakar atau orang yang ahli. Secara tidak langsung anda telah membangun personal brand, Selain cara ini gratis penulis tamu juga akan mendapatkan bonus berupa persahabatan dengan pemilik blog atau web dan hal ini ak an menguntungkan anda di kemudian hari, Jika anda telah melakukan atau menjadi penulis tamu di website lain peluang mendapatkan trafik untuk blog anda sangat terbuka lebar selagi website atau blog tersebut masih aktif.

11. Promosikan blog melalui medi sosial

Untuk Meningkatkan traffic blog Dapat dilakukan dengan melakukan promosi di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, line. Dalam melakukan promosi Di media sosial Janganlah terlalu berlebihan Karena Anda akan dianggap sebagai spamPerhatikan waktu Dan kondisiSetiap kali anda melakukan Share di media sosial tersebut Pastikan bermanfaat bagi orang lain Sehingga Orang lain yang merasaPenting juga akan melakukanHal yang sama yakni Share blog anda.

12. Jalin hubungan sesama blogger

Untuk menjalin hubungan sesama blogger kita bisa melakukannya dengan cara bergabung dengan grup atau komunitas blogger di daerah anda Atau dengan cara menjalin persahabatan secara Online di media sosial. Lakukanlah tukar pikiran sehingga anda akan mendapatkan ilmu baru atau bahkan anda akan mendapatkan backlink yang diberikan oleh teman anda.

13. Lakukan update secara berkala

Jangan biarkan blog anda terbengkalai lakukan update secara rutin, buatlah jadwal posting sesuai dengan kemampuan anda. semakin sering anda melakukan update artikel semakin disayang dan disukai oleh mesin pencari.

14. Buat konten yang unik 

Usahakan anda untuk selalu membuat konten yang unik dan lain dari yang lain. Buatlah konten yang tidak setengah-setengah alias setiap kali anda membahas sebuah topik usahakanlah bahasan tersebut hingga tuntas.

15. Menggunakan Longtail keyword

Long Tail keyword adalahKata kunci Yang dikembangkan dari Beberapa kata kunci Akan tetapi Masih terkait dengan topik atau Niche Dengan Kata kunci utama. Cara Ini adalah cara Yang sebaiknya digunakan oleh Blog atau website Yang berumur Muda atau belum lama Karena Jika kita menggunakan Short tail keyword Saya yakin anda akan Kalah dalam mesin pencari Karena umumnya short Keyword telah dikuasai oleh website-website besar.

16. Buat judul yang menarik

Setiap Anda membuat posting blog Pastikan anda telah membuat judul yang menarik Dan membuat penasaran Pengunjung anda Sehingga Pengunjung akanMembuka postingan anda Akan tetapi Usahakanlah judul yang anda buat Tidak bertentangan dengan isi yang andaSampaikan di artikel anda

17.  Memanfaatkan forum diskusi untuk media promosi

Memanfaatkan sebuah forum diskusi adalah sebuah peluang untuk anda berpromosi. Akan tetapi sebaiknya anda Membaca situasi dan kondisiKapan anda harus BerpromosiSesuaikan dengan Keadaan grup/forum tersebut. Sebelum anda melakukan promosi Sebaiknya anda meminta ijin Kepada admin Atau member secara keseluruhan Atau Anda bisa memanfaatkanPertanyaan Yang diajukan oleh member lain Dan Usahakanlah Anda menjawabnya melalui website anda akan tetapiAnda memberikan link tersebut di forum tersebut.

18. Memberikan perhatian khusus kepada pengunjung

Merespon pengunjung dengan cara membalas komentarnya adalah sebuah cara untuk mengambil hati pengunjung agar betah dan nyaman sehingga memungkinkan pengunjung tersebut untuk kembali lagi di kesempatan berikutnya. Untuk itu balaslah setiap pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung blog anda. Carikan lah solusi terbaik untuk memuaskan pengunjung blog anda.

19. Memberikan bonus kepada pengunjung

Memberikan bonus kepada pengunjung seperti thema blog dan aplikasi yang disediakan adalah hal yang paling mudah dilakukan dan saya yakin akan memikat para pengunjung blog anda.

20. Memanfaatkan social bookmarking

Social bookmark adalah Meninggalkan link blog atau website kita diWebsite yang menyediakan Layanan Social bookmarking. Adapun website media social bookmarking tersebut antara lain Lintas.me, Infogue.com, Digg.com, googlebuzz, delicious.com Dan Reddit.

21. Memasang iklan di media sosial

Salah satu media promosi Yang sedang trend saat ini yaitu melakukan promosi Di media sosial seperti Facebook InstagramDan media sosial lainnya

22. Pasang iklan PPC

Untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi Anda juga dapat memanfaatkan iklan PPC Meski Anda harus merogoh kocek lebih Akan tetapi hasilnya akan Terlihat jelas

23. Pasang iklan di  Blog yang memiliki traffik tinggi

Memasang iklan di blog yang memiliki trafik tinggi juga dapat meningkatkan Pengunjung Untuk blog anda. Pilihlah blog yang memiliki reputasi tinggi Dan Pilihlah harga Yang sesuai dengan budget anda

24. Buat akun twitter

Melakukan promosi melalui media Twitter Bukanlah hal yang baru karena media sosial Twitter ini telah memiliki Pengguna yang Sangat banyak di seluruh duniaDengan memanfaatkan Situs microblogging TwitterKita bisa berpromosi secara gratis Semakin banyak followers anda maka semakin banyak jugaKemungkinan promosi anda akan direspon. Dalam melakukan promosi Janganlah terlalu Sering selipkan beberapa Tweet yang berbeda Seperti misalnya Tips dan trik, Info menarikAtau bahkan kuis Agar followers anda Tidak bosan dengan promosi anda.

25. Buat akun youtube dan upload vidio yang berkaitan dengan isi dari blog

Buatlah sebuah akun Youtube dan buat channel yang berisi tentang muatan dalam blog anda pastikan video-video yang anda unggah di YouTube tidak bertentangan dengan tema dan isi artikel di blog anda.

26. Promosi secara offline 

Melakukan promosi blog secara offline dapat dilakukan dengan cara memasang iklan baris di harian kota, menempel stiker di kendaraan pribadi atau hal yang paling unik yaitu dengan cara memakai kaos atau pakaian yang bertuliskan alamat blog anda

27. Tingkatkan Kuantitas postingan

Jika anda mengenal seorang blogger dari Nigeria yakni Linda ikeji anda pasti akan merasa kagum karena dalam sehari dia mampu memposting sebanyak 100 Judul posting meski terkadang dalam satu artikel hanya terdapat empat foto dan 2 buah kalimat namun penghasilannya sungguh menakjubkan dan traffic blog nya pun sangat membludak. Jelas cara ini adalah cara yang ampuh dan patut untuk dicoba.

28. Jalin hubungan dengan orang yang mempunyai banyak penggemar dan mintalah untuk melakukan promosi

Jika anda memiliki seorang sahabat dengan banyak penggemar atau follower maka tidak ada salahnya untuk meminta sahabat anda untuk mempromosikan blog anda dan hal ini pasti akan berdampak positif  karena para penggemar sahabat anda pasti akan mengikuti seruan atau ajakan dari idolanya tersebut.

Dengan mengetahui 28 cara meningkatkan trafikpengunjung blog diatas diharapkan blog anda tidak lagi merasa kesepian karena tiada yang menengok.

Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar